Wednesday, June 27, 2012

PASAR TRADISIONAL DI SEKITAR KOTA PHNOM PENH

Sebuah kota besar tidak lepas dari keberadaan Pasar tradisional, baik di negara maju maupun negara berkembang, dimana didalam memenuhi kebutuhan hidupnya penduduk melaksanakan jual beli/barter yaitu suatu sistim yang diterapkan antara 2 orang individu, tetapi lama kelamaan seiring dengan bertambah banyaknya orang yg ingin memenuhi kebutuhaan, maka sistim seperti ini menyulitkan banyak orang untuk bertransaksi, sehingga terbentuklah sistim pasar yang tidak jauh dari lingkungan dimana penduduk bertempat tinggal.

Pasar ikan dan sayuran di Olympic

Rata-rata Pasar yang ada di kota Phnom Penh adalah Pasar tradisional yang terjadinya jual beli tidak hanya di Pasar, namun melebar sampai ke jalan raya, ada 3 pasar tradisional yang lokasinya tidak jauh dari KBRI yaitu pasar Boeng Keng Kong, pasar Boeng Tra Baek dan pasar Olympic.

Rata-rata pasar di Phnom Penh adalah pasar tradisional, pasar yang penataan barangnya lebih rapih adalah pasar Boeng Keng Kong namun harganya termasuk mahal dibandingkan dua pasar yang lain.

Buah-buahan di Pasar Boeng Keng Kong
Rata-rata mutu jualan pasar-pasar tersebut bagus-bagus, baik ikan maupun daging dalam kondisi segar.  Pada umumnya tranksaksi jual beli dilakukan dalam 2 mata uang yaitu dolar AS dan uang setempat yang disebut Riel, rata-rata para pedagang tidak dapat berbahasa Inggeris, hanya beberapa saja yang mengerti sedikit bahasa inggeris tapi hal itu tidak menjadi halangan, orang asing yang tidak menguasai bahasa Khmer biasa memakai bahasa isyarat,  pengalaman penulis hal itu bukan masalah. Di pasar Bong Keng Kong pada umumnya para pedagang mengerti bahasa inggeris, kebetulan lokasi pasar tersebut berlokasi di lingkungan dimana ekspatriat banyak bertempat tinggal. Bagi umat Muslim yang ingin membeli daging halal  tempatnya adalah pasar Beung Tra Baek, disana ada muslim Champa yang menjual daging sapi dan baso, begitu juga dengan ayam kampung, lainnya adalah pasar Kandal lokasinya dekat Mekong River Sisowat Quay, di pasar tersebut banyak muslim Champa yang menjual daging sapi/ayam halal.

(AD).

No comments:

Post a Comment