Thursday, October 18, 2012



Perayaan Hari  Pchum Ben ( Hari Arwah)
di KAMBOJA


Hari Raya Pchum Ben adalah perayaan keagamaan di Kamboja selama 15 hari yang biasanya jatuh pada hari ke 15, bulan ke 10 menurut kalender Khmer. Pada tahun 2012, Hari Raya Pchum Ben jatuh pada tgl 14 - 16 Oktober.

Apa yang dilakukan oleh penganut agama Budha di Kamboja pada Hari Raya Pchum Ben?

Perayaan ini dilakukan untuk menghormati arwah para nenek moyangnya sampai 7 keturunan. Selama 15 hari tersebut dipercayai bahwa Gerbang Neraka terbuka, arwah-arwah bergentayangan mencari makan ke pagoda-pagoda. Jika mereka mendapati anak cucunya tidak mengirim makanan, maka mereka akan marah dan menyebabkan mala petaka dalam keluarga, sebaliknya jika diberi makan, maka para arwah akan memberi keberuntungan bagi keluarga.

Oleh sebab itu, keluarga-keluarga berusaha mengirim nasi, lauk pauk, buah, makanan khas disebut Num Onsam, seperti lontong berisi daging babi dan kacang hijau serta Num Ceik, seperti lontong yang berisi pisang.

Makanan yang dikirim ke pagoda akan didoakan oleh para biksu, agar dimakan oleh para arwah, setelah itu dibagi-bagikan kepada orang miskin yang datang ke pagoda, sebagian dimakan oleh para biksu. Sambil menyerahkan makanan itu, mereka juga menyiapkan gumpalan nasi putih yang dilemparkan di sekitar pagoda, yang mana kegiatan pelemparan gumpalan nasi putih itu disebut 'Bok Ben'.

No comments:

Post a Comment